multimedia

1. Pengertian Umum Multimedia

Dean A. Daemon berpendapat, bahwa pada awalnya “Istilah multimedia berakar mula teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium di panggung sering kali disebut pertunjukan “multi-media”. Pertunjukan multi-media mencakup monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari show!”. Jika dipersempit dengan pengertian multimedia komputer maka multimedia diartikan sebagai sarana atau piranti komunikasi melalui lebih dari satu media komunikasi yang berbasis komputer untuk menyampaikan informasi. Yang dalam hal ini kecenderungan komputer sebagai media pengontrol terhadap media lainnya. Dari dua pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah sarana atau piranti komunikasi melalui lebih dari satu media komunikasi untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan komputer  yang dalam penyampainnya berupa teks, audio grafik, animasi dan video.

  • Menjadi Pusat Organisasi dan pelatihan kejuruan bidang teknologi yang beriman, unggul, aplikatif dan produktif serta bertaraf nasional di bidang keterampilan multimedia”
  • Membekali peserta Organisasi dengan keterampilan, pengetahuan, agar kompeten, memiliki sikap ramah, santun serta beriman dan taqwa.