Informasi Tugas Akhir

Tugas Akhir adalah karya tulis mahasiswa yang menunjukkan proses berpikir ilmiah, kreatif integratif, dan sesuai dengan disiplin ilmunya yang disusun untuk memenuhi persyaratan untuk memperoleh gelar kesarjanaan program Strata 1 (S1). Tugas Akhir adalah laporan hasil penelitian disetujui oleh Dosen Pembimbing dan Persetujuan Dewan Penguji sesuai dengan sistematika penulisan.

 

Persyaratan Pengajuan Tugas Akhir

Persyaratan pengajuan Tugas Akhir sebagai berikut.

  1. Mahasiswa berstatus aktif dan tidak berstatus cuti.
  2. Mahasiswa telah lulus dan menempuh minimal 130 sks dan telah mengambil mata kuliah Pra Tugas Akhir, dibuktikan dengan transkrip sementara yang telah didapat dan disetujui oleh Ketua Program Studi.
  3. Tidak ada matakuliah yang bernilai E pada 130 sks tersebut dan terdapat hanya satu mata kuliah dengan nilai D.
  4. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif Minimal 2,75 (dua koma tujuh lima) pada 130 sks tersebut.

Prosedur Pengajuan dan Pelaksanaan Tugas Akhir

Pengajuan dan pelaksanaan Tugas Akhir dilaksanakan sebagai berikut.

  1. Mahasiswa mengajukan Surat Permohonan Judul Tugas Akhir
  2. Mahasiswa mengajukan Surat Permohonan Judul Tugas Akhir paling lambat 1 (satu) minggu setelah KRS selesai.
  3. Program Studi menentukan dosen pembimbing dan penguji mahasiswa sesuai dengan judul Tugas Akhir pada Surat Permohonan Judul Tugas Akhir.
  4. Program Studi mengumumkan judul Tugas Akhir dan dosen pembimbing utama dan pendamping Tugas Akhir mahasiswa.
  5. Program Studi memberikan Surat Keputusan (SK) Ketua STITEK Bontang kepada dosen pembimbing tugas akhir mahasiswa.
  6. Program Studi memberikan format lembar bimbingan dan panduan Tugas Akhir
  7. Mahasiswa melaksanakan penelitian Tugas Akhir yang dibimbing oleh dosen pembimbing, sampai pelaksanaan seminar hasil dan Pendadaran Tugas Akhir.

Batas Waktu Pelaksanaan

Batas waktu pelaksanaan Tugas Akhir diatur sebagai berikut.

  1. Jangka waktu pelaksanaan Tugas Akhir maksimal 1 tahun sejak mahasiswa memasukkan mata kuliah Tugas Akhir pada Kartu Rencana Studi (KRS).
  2. Perpanjangan waktu pelaksanaan Tugas Akhir dilakukan setiap semester dengan cara memasukkan lagi mata kuliah Tugas Akhir dalam KRS.
  3. Jika dalam jangka waktu 1 tahun mahasiswa tidak mampu menyelesaikan Tugas Akhir, maka mahasiswa harus mengajukan judul baru dan mengulang proses peyusunan Tugas Akhir.
  4. Saat melakukan bimbingan Tugas Akhir mahasiswa wajib membawa lembar konsultasi TA ke pembimbing tugas akhir.  Bimbingan tugas akhir ke pembimbing 1 atau 2 adalah minimal 5 kali bimbingan.

Sistematika Penulisan Proposal Judul Tugas Akhir

               Pengajuan Judul Tugas Akhir maksimal 3 judul yang dapat dilampirkan dalam proposal Tugas Akhir. Sistematika penulisan pegajuan Judul Tugas Akhir sebagai berikut.

  1. Halaman judul
  2. Latar Belakang Masalah
  3. Tujuan Penelitian
  4. Lokasi Penelitian
  5. Jadwal Penelitian

Tema Judul Tugas Akhir

 Tema Judul Tugas Akhir adalah :

 

Tema Tugas Akhir

Tema Tugas Akhir yang bisa diajukan oleh mahasiswa adalah :

  1. Sistem Kontrol
  2. Sistem Monitoring
  3. Teknik tenaga listrik
  4. Sistem distribusi, sistem transmisi listrik
  5. Sistem proteksi
  6. Telekomunikasi
  7. Elektronika
  8. Information, computer and technology (ICT)
  9. Sistem instrumentasi
  10. Energy  terbarukan

SYARAT DAN PELAKSANAAN SEMINAR HASIL TUGAS AKHIR

Adapun syarat dalam mengajukan seminar hasil tugas akhir yaitu :

1. Mengisi Formulir Seminar Hasil (ada di web prodi TE di menu download)

2. Melengkapi persyaratan yang ada di formulir seminar hasil diantaranya :

    - Mengisi mata kuliah tugas akhir di KRS ( mengumpulkan KRS yang sudah ditandatangani dose wali dan Kaprodi 1 lembar)

    - Transkip prodi yang sudah ditandatangani ketua prodi 1 lembar

    - Fotocopy ijazah terakhir 2 lembar

    - Fotocopy akte 2 lembar

    - Hasil konversi mata kuliah (mahasiswa Transfer)

    - Sertifikat BSS

    - Lembar Konsultasi TA ( pembimbing 1 dan pembimbing 2). minimal

    - Sertifikat Toefel

    - Lunas Pembayaran SPP, DPP, dan Uang Bimbingan TA

    - Lembar Persetujuan Pembimbing yang sudah ditandatangani pembing 1 dan pembimbing 2

   - Naskah TA 4 rangkap ( 1 print dan 3 Fotocopy)

Pelaksanaan Seminar hasil akan dijadwalkan 2-3 hari setelah mahasiswa mengumpulkan dan melengkapi semua persyaratan seminar hasil.